Laman

Selasa, 31 Juli 2012

Jenis-jenis Palem (Arecaceae) Di Indonesia

Jenis-jenis Palem (Arecaceae) Di Indonesia

Suku (famili) Arecaceae atau suku pinang-pinangan (palem) adalah kelompok tumbuhan yang biasa disebut palma atau palem. Tumbuhan ini banyak dikenal dan mempunyai banyak jenis di Indonesia meskipun terkadang tidak sedikit yang bingung untuk membedakannya sehingga menyebutnya sebagai palem saja atau justru keliru dalam menyebutkan nama jenisnya.
Secara umum suku Arecaceae mempunyai ciri-ciri:
  • Batangnya tumbuh tegak ke atas dan jarang bercabang
  • Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati
  • Akarnya tumbuh dari pangkal batang dan berbentuk akar serabut
  • Berdaun majemuk
  • Tangkai daun memiliki pelepah daun yang membungkus batang.
  • Bunga tersusun dalam karangan bunga (mayang)
  • Buahnya ditutupi lapisan luar yang relatif tebal (biasa disebut sabut)
  • Biji buah relatif cair pada saat masih muda dan semakin mengeras ketika tua.
Suku (famili) Arecaceae terdiri atas puluhan genus dan ratusan spesies (jenis). Jenis-jenis yang umumnya dapat ditemui di Indonesia antara lain Enau atau Aren (Arenga pinata); Gebang (Corypha utan); Kelapa (Cocos nucifera); Kelapa Sawit (Elaeis guineensis dan Elaeis oleifera); Nibung (Oncosperma tigillarium); Nipah (Nypa fruticans); Rotan (Calamus rottan); Salak (Salacca zalacca); Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago); Siwalan atau Lontar (Borassus flabellifer).

Pohon Aren atau Enau
Selain itu juga; Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens); Palem Merah atau Pinang Merah (Cyrtostachys renda dan Areca vestiaria); Palem Raja (Roystonea regia); Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis); dan Pinang (Areca catechu).

Enau atau Aren (Arenga pinata)

Enau atau Aren (Arenga pinata) disebut juga sebagai kolang kaling dan dalam bahasa inggris disebut sebagai sugar palm.
Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae. Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida Ordo: Arecales Famili: Arecaceae. Genus: Arenga. Spesies:, Arenga pinnata


Gebang (Corypha utan)
Gebang (Corypha utan)

Gebang atau Gabang (Corypha utan) merupakan palem berbentuk pohon tunggal dengan ketinggian antara 15-20 meter. Daunnya menyerupai daun Lontar. Gebang hanya berbunga dan berbuah sekali, yakni di akhir masa hidupnya.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Corypha Spesies: Corypha utan


Kelapa (Cocos nucifera)
Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa (Cocos nucifera) adalah jenis Arecaceae yang paling bermanfaat bagi manusia. Hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan orang.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; (tidak termasuk Monocots dan Commelinids); Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Cocos; Spesies: Cocos nucifera.

Kelapa Sawit (Elaeis guineensis dan Elaeis oleifera)


Kelapa Sawit
Kelapa Sawit merupakan jenis palem yang berbentuk pohon. Kelapa Sawit didatangkan ke Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1848. Beberapa bijinya ditanam di Kebun Raya Bogor, sementara sisa benihnya ditanam di tepi-tepi jalan sebagai tanaman hias di Deli, Sumatera Utara pada tahun 1870-an. Sejak 1911 mulai dibudidayakan.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; (tidak termasuk Monocots dan Commelinids); Divisi: Magnoliophyta. Kelas: Liliopsida; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Elaeis; Spesies: Elaeis guineensis dan Elaeis oleifera


Nibung (Oncosperma tigillarium)
Nibung (Oncosperma tigillarium)

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Oncosperma; Spesies: Oncosperma tigillarium

Nipah (Nypa fruticans)


Nipah (Nypa fruticans)
Nipah (Nypa fruticans) merupakan jenis palem yang tumbuh di daerah rawa yang berair payau atau ditepi hutan bakau. Sebagaimana rumbia (Metroxylon spp.), batang pohon nipah menjalar di tanah, membentuk rimpang yang terendam oleh lumpur. Hanya daunnya yang muncul di atas tanah, sehingga nipah nampak seolah-olah tak berbatang. Akar serabutnya dapat mencapai panjang 13 m.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Arecales; Famili: Arecaceae; Genus: Nypa; Spesies: Nypa fruticans

Rotan (Calamus rottan)


Rotan (Calamus rottan)
Rotan adalah sekelompok jenis palma yang tergabung dalam bangsa Calameae. Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus spesies, dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika, Asia dan Australasia. Salah satu spesiesnya adalah Calamus rotan.
Untuk jenis-jenis (spesies) dari famili arecaceae lainnya, sepert:
  • Salak (Salacca zalacca);
  • Sagu atau Rumbia (Metroxylon sago);
  • Siwalan atau Lontar (Borassus flabellifer);
  • Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens);
  • Palem Merah atau Pinang Merah (Cyrtostachys renda dan Areca vestiaria);
  • Palem Raja (Roystonea regia);
  • Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis)
  • Pinang (Areca catechu);
akan saya sampaikan dikesempatan yang akan datang, salam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar